Daftar Review

Jumat, 30 Januari 2015

Voice - Ghyna Amanda + Mengungkap Secret Santa

Judul                     : Voice
Pengarang          : Ghyna Amanda
Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal                     : 192 halaman
Sinopsis :
…ada yang bisa kami bantu?
Nggg… gini, Mas…

Dipanggil “Mas” lagi? Kalau bukan “Mas” ya “Om”, paling bagus “Bapak”. Serbasalah memang kalau punya suara kelewat ganteng. Tiap kali menerima telepon, Kirana pasti dikira laki- laki, padahal dia jelas cewek tulen.

Walau kadang membuat orang salah mengira, suara itu pula yang membawa Kirana memasuki industri yang tak pernah dibayangkannya: menjadi voice actor dan mengisi suara untuk karakter utama lelaki dalam cerita animasi. Entah ini termasuk kesempatan emas atau malah malapetaka, karena kemudian Kirana harus berpasangan dengan seorang cowok yang punya suara lembut dan bening bernama Akira.

Memang, Kirana dan Akira awalnya selalu berdebat, tapi akhirnya mereka bisa juga bersama- sama menyingkirkan batu sandungan dan menjadi voice actor yang dapat menghidupkan karakter dalam layar, walau dengan suara yang tertukar; Kirana dengan suara gantengnya, dan Akira dengan suara lembutnya.

Review :

Rencananya Kirana akan membantu Indra, teman lamanya, untuk mengisi suara di game project yang sedang Indra kerjakan. Namun takdir membawa rekaman suaranya nyasar ke Studio Rahmana yang sedang mengadakan audisi untuk mencari pengisi suara di animasi yang sedang mereka garap.

Kirana heran mengapa ia bisa terpilih. Pas sampel suara diputar, Kirana tahu bahwa suara lembut itu bukan miliknya. Sebaliknya, Akira yang sudah mengamuk sedari tadi terus berusaha meyakinkan pihak studio bahwa sampel suara itu memang miliknya. Setelah dites, memang benar suara itu milik Akira.

Kirana bingung. Ia tidak berbakat di bidang voice acting. Pekerjaannya terdahulu adalah sebagai customer service telepon selular. Namun tidak ada salahnya ia mencoba sesuatu yang baru. Akhirnya Kirana memutuskan untuk menerima tawaran dari Pak Ramdan, pengelola studio itu.

Jadilah proyek  isi suara untuk animasi yang berjudul The Princess and The Raven mulai dilaksanakan. Kirana mengisi suara Satria, sang pangeran, dan Akira mengisi suara Putri Viona. Akira yang memang sangat ingin terjun dalam bidang ini dengan mudah dapat menjiwai perannya. Namun bagaimana dengan Kirana?

Ternyata setelah terjun langsung, Kirana baru mengetahui kalau voice acting tidak semudah yang dibayangkan. Ia hampir menyerah dan selalu berdebat dengan Akira. Bagaimana bisa ia menciptakan chemistry antara mereka berdua?

Hambatan demi hambatan muncul hingga Kirana memutuskan untuk keluar dari proyek ini. Nauval, bocah yang mengisi suara gagak, dan Akira selalu menyemangati Kirana. Namun tidak berhasil. Akira bahkan mendatangi rumah Kirana setiap hari.

“Nggak ada usaha yang cukup, Kir… nggak pernah ada.” Lalu tiba- tiba suara Akira melemah. “Tapi setidaknya, hargai usahamu.” (hal. 113)

Ke manakah pengalaman baru yang Kirana dapat itu menuntunnya? Ikuti kisah selengkapnya dalam Voice.


Saat melihat novel ini di rak buku di Gramedia, saya sudah tertarik namun belum membelinya. Kebetulan saat ada event Secret Santa, saya masukkan ke daftar dan yeeii..Santa saya menghadiahi saya novel ini.

Konsep novel ini oke sebenarnya. Saya juga dapat – sedikit – pengetahuan baru tentang bidang voice acting. Sayangnya isi cerita ini kurang dieksplor, jadinya nanggung. Untuk para penggemar cerita romance, harus siap- siap kecewa karena dalam novel ini, hubungan Kirana dan Akira tidak berlanjut, hanya sebatas rekan kerja. Huaaaaaa…. (padahal pengen lihat Kirana ‘ganteng’ dan Akira ‘cantik’ jadian. He he..)

Secara keseluruhan, novel bergenre young adult ini lebih menceritakan tentang pencarian dan pencapaian impian. Ceritanya dikemas secara ringan. Semoga novel Mbak Ghyna selanjutnya lebih cetar ya :)


Whuaaaa….. kirain posbar besok. Untung ada firasat yang mendorong saya untuk blog walking *lebaaii*, sehingga jadilah ketikan buru- buru ini. Oke, ayo kita lembur mulai menebak siapa SS saya tahun ini.

Saya sangat senang saat menerima paket dari kurir yang berisi kado dari SS saya. Acara tebak- tebakan SS pun dimulai. Sebelum mulai membahas riddle, saya ingin berbagi sedikit kesan mengenai SS saya.

Dari kadonya, terlihat bahwa SS saya adalah orang yang rapi dan selalu mengusahakan yang terbaik. Tulisannya, terutama huruf balok, sangat rapi. Untuk pembungkusnya sendiri ada tiga lapis yang terdiri dari kertas kado, plastik transparan, dan (mungkin) kertas amplop. Juga, bagi saya yang termasuk penggila kover, saya suka dengan kertas pembungkus yang SS gunakan ^^ Terima kasih atas kado dan suvenirnya ya, Mbak :D

Well, masuk ke riddlenya ya ….

1.       Ada 14 pertanyaan yang harus dijawab. SS juga menyertakan permainan mencari kata dimana jawabannya ada di kotak- kotak tersebut.


2.       Setelah menjawab, saya membaca petunjuk ketiga yang berbunyi, “Saya adalah yang pertama kamu lihat dari itu semua” Nah loh, apa ya?
Awalnya nggak ngeh. Tapi setelah loading, akhirnya dapat juga.
3.       Untuk memperkuat dugaan saya *cie i leh*, saya mampir ke websiteBBI bagian daftar peserta SS untuk mencari SS saya dan setelah mendapat alamat blog SS saya, saya juga mencocokkan dengan resi yang saya dapat.
Berikut ini jawaban dari saya :
1.       S.J. Watson
2.       Allegiant
3.       Noah
4.       Dracula
5.       Riordan
6.       Azkaban
7.       Chbosky
8.       Alcott
9.       Timepiece
10.   Twilight
11.   EM Bailey
12.   Lumos
13.   Z – saya dapatnya Z, harusnya jawabannya Y
14.   Alice

Dan, jelaslah maksud dari petunjuk ketiga dengan kata pertama yang digaris bawahi. So,  SS saya adalah :
Sandra cattelya

Benarkah Mbak Sandra adalah SS saya? Semoga tebakan saya benar ya, Mbak ^^

4 komentar:

  1. Mirip-mirip adu bakat gitu yah bukunya? Ayo santa dimana dirimukah? ^^

    BalasHapus
  2. Haiiii xD
    Jawabannya TEPAT SEKALEEE yeeey. Aku orangnya gak rapi kok Er, kamarku saksi bisunya. Hahhah.

    Waktu ngebeliin Voice jg aku ragu, soalnya aku liat sinopsisnya d belakangnya sih aku gak selera. Tapi mungkin genre kita beda. Tapi aku semangat banget beliin Dilan :) Katanya bagus. Udah baca? Aku jg beli Dilan waktu itu, tapi masi d tumpukan sih. *ngoceh panjang lebar, sorii hahah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, jumlah seri The Curse Workers emangnya 4 yah? Aku gak ngecek dulu sih memang. Aku pikir cuma 3. Heheu.

      Hapus
    2. yeeeiii.... oh ya? paketnya rapi bingit..haha..

      udah baca Dilan nya, Mbak. Ada bagian yang lucu. Cukup suka dgn ceritanya. Mbak baca juga dong, sekalian mengurangi timbunan..hihi..

      nah itu dia saya kurang tau, Mbak, berhubung nggak ngikutin dan cuma jawab dari hasil googling XDD

      Hapus